Jumat, 01 Oktober 2010

2 Oktober HARI BATIK NASIONAL !!

Presiden Republik Indonesia Bpk Susilo Bambang Yudhoyono dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini berdasarkan penetapan UNESCO dalam sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah ( Fourth Session of The Intergovernmental Committee ) tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi tanggal 2 Oktober 2009. Batik Indonesia diakui sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia ( Representatif List of Intangible Cultural Heritage of Humanity). Pengakuan internasional secara resmi terhadap Batik Indonesia tersebut mampu meningkatkan citra positif dan martabat bangsa di forum internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia.

Tanggal 2 Oktober yang telah ditetapkan sebagai Hari Batik Nasinal tersebut menjadi pendorong meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan Batik Indonesia.

Kesadaran tersebut dapat diwujudkan dalam peningkatan dan dukungan terhadap pelaku usaha di bidang Batik yang mayoritas UKM atau industri kecil. Dan diharapkan Masyarakat akan selalu memakai Batik dalam acara-acara resmi atau pada salah satu hari kerja.

Pencanangan Hari Batik Nasional, kata SBY, karena UNESCO, salah satu badan dunia di PBB telah mengukuhkan Batik berasal dari Indonesia. "Dengan pengukuhan ini diharap polemik asal muasal Batik bisa diakhiri," bebernya.

Beberapa waktu lalu, Batik diklaim oleh Malaysia sebagai produk negeri Jiran. Spontan klaim itu menyulut kemarahan warga Indonesia. Polemik pun berlangsung cukup lama. "Saya sengaja memakai Batik supaya orang tahu bahwa hari ini,Tgl.2 Oktober sudah dicanangkan sebagai "Hari Batik Nasional". Agar orang tidak ribut lagi tentang asal Batik itu dari mana, apakah dari Indonesia, Malaysia, atau Afrika. Kadang ada pertengkaran dan keributan," cetusnya.

Menurut SBY, dengan pengakuan UNESCO, keributan tentang negara mana pemilik Batik yang sah, tentu jawabannya adalah Indonesia. "Kita patut bersyukur karena setelah mempelajari usulan Indonesia, barulah UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Kalau sudah ditetapkan sebagai warisan dunia, maka mari kita lestarikan bahwa Batik adalah milik Indonesia sebagai Kekayaan Budaya Anak Bangsa," pungkasnya.

Untuk ini kami Keluarga Besar Rumah Produksi Batik Tulis dengan Pewarna Alam Canting100-Bedono,Ambarawa, mengucapkan :

"Selamat Hari Batik Nasional! Kenakan batik Tulis terbaik Anda, kemanapun Anda melangkah hari in"
Bagi yang belum memiliki atau sekedar mau menambah koleksi nya bisa berkunjung ke tempat kami.

Salam Sukses Selalu !
http://batiktuliscanting100.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar