Senin, 03 Oktober 2011


KATALOG   PRODUCT   BATIK    CANTING100
Sesuai permintaan para Rekan Blogger "Batik Canting100" maka bertepatan dengan Peringatan Hari Batik Nasional Thn.2011 ini ,Kami terbitkan sample Katalog Product Kami.
Semoga bisa berkenan dan bagi Siapapun dan Dimanapun yang kepingin tahu lebih detail bisa menghubungi Saya Eko BS./085 626 64389 atau e-mail : ekko_bs@yahoo.co.id.
Sejahtera Indonesia Ku bersama Batik Tulis Warna Alam !


40
Kode    : 40
Batik Canting100 Collection
Kain Primishima
Size 105 x 250 Cm
Bahan pewarna
Motif
Harga IDR.
41
Kode    : 41
Hem Batik Pola
Kain Primishima
Size M
Bahan pewarna Alam Mahoni + Collet
Motif Kembang Kopi
Harga IDR.350.000
42
Kode    : 42
Hem Batik Pola
Kain Primishima
Size M
Bahan pewarna Alam Mahoni
Motif Lokomotif
Harga IDR.350.000

06
Kode    : 06
Batik Tulis Warna Alam
Kain Primishima
Size 105 x 250 Cm
Bahan pewarna Indigo Tinctoria
Motif Roning Carica
Harga IDR.350.000
07
Kode    : 07
Batik Tulis Warna Alam
Kain Primishima
Size 105 x 250 Cm
Bahan pewarna Indigo Tinctoria
Motif Sidho Luhur
Harga IDR.350.000
09
Kode    : 09
Batik Tulis Warna Alam
Kain Primishima
Size 105 x 250 Cm
Bahan pewarna Indigo,jelawe
Motif Menggapai Angan-angan
Harga IDR.350.000

Senin, 22 Agustus 2011

Evoria Batik yang Kurang Tepat,Sehingga Orang lain Yang Panen Keuntungan !


Evoria Masyarakat Indonesia terhadap Keberadaan Batik sebagai salah satu Budaya Bangsa,sesuai yang di akui oleh UNESCO beberapa tahun yang lalu sepertinya sudah mulai melenceng dari apa yang sesungguhnya di cita-citakan oleh para leluhur kita terdahulu.
Hal ini hampir sama dengan apa yang tak lepas dari pengamatan Padepokan Kalimosodo dalam penilaian nya terhadap sikap Masyarakat terhadap pengejowantahan Batik sebagai Warisan Budaya Bangsa Indonesia saat ini....


Saat melihat para pejabat mengenakan busana batik yang warna warni beberapa hari lalu hati ini mulai tergelitik. Pasalnya batik yang selama ini terlantar, karena di klaim Negara tetangga akhirnya semua kalangan pada buka suara dan kebakaran jenggot. Bukan hanya para artis saja yang berlomba lomba mengenakan busana batik. Para entertainer, pengusaha, bahkan para pejabatpun ikut ikutan larut dalam tren batik.

Ketika dijakarta diadakan pameran batik stok ludes kejual. Bahkan kekurangan. Namun yang perlu dicermati lebih jauh, ternyata batik yang dihebohkan itu bukan sesuatu yang luarbiasa lagi. Pasalnya tetap saja batik yang beredar mayoritas batik-batik pabrikan yang sebenarnya telah lepas dari nilai adiluhung budaya bangsa. Lebih jauh tetap saja yang diuntungkan adalah pabrik-pabrik tekstil motif batik yang ownernya dari negara lain. Artinya kita yang sibuk menghebohkan batik, orang lain yang panen keuntungan.

Padahal jutaan pembatik yang tersebar seantero Nusantara masih setia menggeluti dunia batik tulis klasik. Mereka meronta dalam diam. Menunggu keberfihakan nasip baginya.

Ditinjau dari sisi kwalitas produk sangat bisa diandalkan. Hanya saja mereka belum bisa mengemas produk yang cantik. Belum faham Labeling. Belum ngerti branding. Belum fahan packing. Apalagi sampai pada tataran sistem marketing modern.

Disisi lain berbagai kendala mulai dari belum tersentuh akses modal, keterbatasan relasi dan sebagainya merupakan kendala utama yang mereka hadapi.

Misalnya seorang pembatik yang sudah puluhan tahun setia memproduksi batik tulis klasik yang begitu cantik. Seperti Batik tulis Canting Mas di Pacitan. Mereka memaparkan, sebenarnya untuk akses bahan baku sudah ada, akses SDM untuk produksi sudah memadahi. Akses market lumayan luas. Bahkan Konsumen produknya kalangan midle up (menengah keatas). Tidak sedikit tourist asing yang membeli produknya. Namun kalangan elite sepertinya lebih tertarik memanfaatkan produk pabrikan.

Lihat saja berapa persen dari para pejabat, para artis, para pengusaha yang sering nongol di televisi yang mengenakan batik tulis. Memang sekarang lagi tren batik, namun batik apa yang dikenakannya. Kan mayoritas batik buatan pabrik. Bukan batik tulis yang memiliki nilai budaya tinggi.

Karenanya, kalau pemerataan ekonomi ingin diwujudkan. Saatnya kita untuk kembali dan tetap cinta pada produk lokal dan yang menyerap tenaga kerja banyak. Termasuk mengenai perputaran uangnya ya yang milik kita sendiri, bukan modal asing yang saat ini merajai semua sektor.

Perlu kita ingat. Ketika terjadi gonjang-ganjing moneter seperti saat ini. Penyangga utama perekonomian kita kan UKM. Usaha kecil dan Menengah. Karenanya Cinta batik adalah bukan sekedar cinta dengan memilih sembarang batik. Tapi Batik tulis yang diproduksi oleh tangan-tangan peradaban yang memiliki nilai adiluhung misalnya seperti produknya Canting Mas Yang diproduksi dipedesaan. Menyerapt tenaga kerja banyak. Sehingga Rasa cinta kepada produk batik memiliki dampak perekonomian yang luas.

Itnilah kenyataan yang ada dan sedang terjadi di Negeri Kita tercinta Indonesia ini......masih perlunya Edukator Sejati !!


Senin, 25 Juli 2011

Bisnis Plan "Batik Canting100" Bisa Juara 2 se Prov. Jateng.

Luar Biasa !!

Moment seperti ini ternyata cukup Dahsyat untuk Meng-Edukasi sekaligus menumbuhkan Rasa Semangat Berkarya terutama bagi generasi Muda Bangsa....Terima Kasih Pak Bibit Waluyo ( Gubernur Jateng ) atas Suport nya kepada Kami "Batik Canting100-Bedono,Semarang". ( Ambarawa,23 Juli 2011 )


RINGKASAN EKSEKUTIF

Batik Canting100 adalah merupakan sebuah usaha Perorarangan pada awal berdirinya,dimana saat ini akan mencoba mengembangkan menjadi sebuah Kelompok Usaha Bersama sehingga kedepan nya bisa menjadi sebuah Sentra Pengrajin Batik di Bedono,Jambu,Kab.Semarang ini.

Kelompok Usaha Batik Canting100 ini bergerak di Pembuatan Batik Tulis & Batik Kaligrafi. Di mana di khususkan pada Batik Tulis Warna Alam dengan Nilai Penjualan nya untuk Tahun awal Berdiri hingga tahun 2011 ini sebesar Rp.15.000.000; Nilai Kekayaan Batik Canting100 sesuai Neraca tahun 2010 adalah masih sangat Kecil sekali karena baru memulai melangkah dan Belum bisa kami tampilkan detailnya.

Prospek Pengembangan Usaha ini sangat menjanjikan,mengingat Pasar yang cukup besar dengan Trend Daerah yang Khas dan terus meningkat,sedangkan Rencana Pengembangan Usaha nya adalah melalui :

1, Strategi Pemasaran diantaranya

> Pengembangan Variasi Produk

> Pengembangan wilayah Pemasaran.

> Memanfa’atkan Media Promosi baik secara On line maupun Off Line

> Strategi penetapan Harga yang Kompetitif.

2. Pengembangan Produksi dengan Penambahan kapasitas

3. Pembinaan dan Pelatihan Kemampuan Sumber Daya manusia.

4. Pemanfaatan Tehnologi Informasi.

Proyeksi Nilai Penjualan untuk Tahun 2011 ini di harapkan bisa sebesar Rp 33.600.000; dengan peningkatan sebesar 100% untuk tahun-tahun berikutnya.

Visi dan Misi Batik Canting100 :

Visi Batik canting100 adalah :

1. Memberdayakan serta Memajukan Ekonomi Masyarakat sekitar dengan Memproduksi Batik.

Adapun Misi Batik canting100 yaitu :

1. Membuat Produk Batik dengan bahan baku Berkualitas & Ramah Lingkungan.

2. Membuat seluruh kalangan merasa Nyaman dan Bangga menggunakan Batik

3. Membuat inovasi dalam Design Motif Khas kedalam Produk Batik yang Uptodate.


Inilah Contoh Kerangka Bisnis Plan yang Kami Kontes kan :

BUSSINESS PLAN BATIK CANTING100

DAFTAR HALAMAN :

I. RINGKASAN EKSEKUTIF

II. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

II.1 DATA PERUSAHAAN

II.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS

II.3 STRUKTUR ORGANISASI

II.4 KONSULTAN PENDAMPING

III. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

III.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

III.2 GAMBARAN PASAR

III.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

III.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR

III.5 PROYEKSI PENJUALAN

III.6 STRATEGI PEMASARAN

III.7 SALURAN DISTRIBUSI

IV. ANALISIS PRODUKSI

IV.1 PROSES PRODUKSI

IV.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

IV.3 KAPASITAS PRODUKSI

IV.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

V. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA ( SDM )

VI. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

VI.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

VI.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

VII. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

VIII. ANALISIS KEUANGAN

VIII.1 LAPORAN KEUANGAN

IX. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

IX.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

IX.2 ANALISIS RESIKO USAHA

IX.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA

LAMPIRAN

A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

B. ANALISIS INVESTASI

C. KELENGKAPAN PERIJINAN

E. FOTO PRODUK

Bersama Para Guru ini juga Kami Batik Canting100 menjalin kerjasama Edukasi Membatik untuk Mata Pelajaran Extra Kulikuler untuk Para Siswa SD,SLTA,dan SLTA.

"Lestarikan Budayaku Dan Sejahteralah Rakyatku....bersama Batik Tulis Warna Alam "

Senin, 18 April 2011

Canting Electrik Nya "Batik Canting100 - Central Java"

Canting Electrik !!

Dengan inovasi Alat Canting ini di harapkan para "Pecanting" yang tadinya menggunakan Canting Manual dengan media Pembantu Kompor Minyak Tanah dan Wajan untuk mencairkan Malam nya agar bisa di torehkan pada Kain menggunakan Alat bantu Canting, di mana kondisi saat ini untuk mendapatkan Minyak Tanah sudah mulai Sulit maka dengan Membiasakan Kita Menggunakan Alat Canting Electrik ini di harapkan tetap bisa menghasilkan Karya Seni yang Indah dan Elegant.


Batik Motif Gurita Warna Mahoni dengan Tumpal menawan ini adalah Bukti bahwa keberadaan Canting Electrik ini dapat Layak di Masyarakatkan sehingga kesulitan - kesulitan mendasar para pengrajin Batik Tulis diantaranya langkanya Minyak Tanah di Pasaran umum dapat terhindari sehingga kegiatan Membatik tetap bisa berjalan Lancar.







Batik Tulis Motif Kembang Cengkeh dengan Pewarnaan Sogan ternyata setelah di jadikan Hem lengan panjang Cukup tampak Elegant dan bisa menambah Aura Wibawa bagi siapaun yang menggunakan nya......Buktinya bisa anda Lihat dan Cermati Foto ini.....Ruar Biasa !!














Batik Tulis Motif Kembang Cengkeh dengan warna Sogan dari Kain Primish Size 105 x 250 cm ini yang saat ini menjadi Product Andalan nya Batik Canting100-Bedono,Semarang.
Ternyata setelah diolah menjadi Hem Lengan Panjang sangat mengagumkan Pamor Haritage nya....Benar benar sangat Pantas penuh Berwibawa bagi Penggunanya.....inilan Batik Tulis "Full Added Value".....jadi segeralah ber Sinergi dengan kami untuk mendapatkan Product Batik Tulis Kami dengan Motif yang Tidak Pasaran !




Motif Batik Tulis di samping ini masih bertema "Kembang Cengkeh" juga dengan Pewarnaan Sogan ,juga Special kami Produksi untuk Anda yang benar benar Paham sekaligus Penggemar Batik Tulis....karena Haritage yang satu ini terbuat dari kain Primish size 105 x 250 cm dengan Limited Edition alias Siapa yang Cepat itulah yang bisa Mendapatkan Batik Elegant ini !







Bagi Siapapun dan dimanapun yang merasa ingin memiliki Batik Tulis ini,silahkan secepatnya menghubungi Kami di SMS.085 626 64389 atau via E-mail di ekko_bs@yahoo.co.id.

Mari Budayakan " Beli Produk Indonesia "

Salam,

http://batiktuliscanting100.blogspot.com

Rabu, 09 Maret 2011

Proses Pewarnaan Alam Indigo ( Biru-Kelengan )

PASTA INDIGOFERRA ( ZWA-BIRU ) :

Pada dasarnya Zat Warna Alam ( ZWA ) dapat digunakan untuk mewarnai semua serat Kain yang berasal dari serat alam maupun semi sintetis. Gugus aktif dalam serat-serat tersebut akan saling terikat dengan ZWA sesuai dengan jenisnya melalui ZWA Mordan (Penghubung) ataupun ZWA Bejana (Pengendapan di atas serat).

PROSES EKSTRAKSI (Proses Pengambilan ZWA dari Sumbernya)

Daun tom/nila ( iIndigofera Tinctoria L.) arah warna biru

Cara Membuat Pasta Indigo :

1. 1 kg daun indigo segar (dengan rantingnya) direndam dalam 5 liter air, usahakan daun berada dibawah permukaan air
2. Setelah ± 10 jam, mulai terjadi proses fermentasi yang ditandai dengan adanya gelembung gas dan warna biru (larutan berwarna hijau).
3. Proses fermentasi selesai apabila gelembung gas tidak timbul lagi, dan air berwarna kuning kehijauan. Biasanya perlu waktu sekitar 24-48 jam.
4. Masukkan 20-30 gram bubuk kapur cair.
5. Kocor larutan selama ½ jam-1 jam.
6. Selama pengeburan ( Proses Kocor ), terjadi pembuihan hebat berwarna biru. Pegeburan dihentikan setelah tidak terjadi buih permanen dan berwarna biru pudar, yang merupakan indikasi bahwa indigo sudah mulai mengendap.
7. Diamkan cairan selama ± 24 jam (Proses Pengendapan).
8. Pisahkan air dari endapannya yang sudah berbentuk pasta (saring dengan kain halus).
9. Simpan pasta indigo pada tempat kering dan sejuk.
10. Usahakan jangan terpapar sinar matahari.

Pembuatan Zat Warna Indigo

1. Larutkan 1 kg pasta indigo dalam ± 10 liter air.
2. Saring dan buang residunya.
3. Tambahkan ½ kg gula jawa cair dan ½ gelas aqua/satu genggam tunjung dan dicairkan.
4. Tambahkan 1 liter air kapur baru.
5. Aduk secukupnya sampai tercampur semua.
6. Diamkan dan tutup selama ± 24 jam.
7. Lihat bila cairan berwarna kuning kehijauan, berarti ZWA tersebut siap untuk digunakan.

PROSES MORDANTING

Beberapa zat warna akan cepat pudar warnanya tanpa proses mordanting.

Resep mordanting untuk 500 gram kain katun.

1. Kain direndam dalam larutan 2 gram/liter air dan TRO selama semalam.
2. Cuci bersih.
3. Rebus dalam air yang mengandung 100 gram tawas dalam soda abu (30 gram) selama 1 jam.
4. Keringkan dan siap di warna alam.

CARA PEWARNAAN DENGAN ZWA INDIGO

1. Kain yang sudah dibasahi dicelupkan pada zat pewarna bersuhu dingin,
2. Kemudian dijemur di tempat yang teduh dan dalam keadaaan setengah kering, celup berulang-ulang hingga sesuai ketuaan warna yang dikehendaki (minimal 5 x).
3. Setelah kering , kain tersebut di fiksasi dengan (larutan air cuka + jeruk nipis).
4. Cuci bersih dan jemur di tempat sejuk dan tidak terpapar sinar matahari.

PEMBUATAN LARUTAN FIKSASI

Pada akhir proses pewarnaan alam, ikatan antara zat warna alam yang sudah terikat oleh serat masih perlu diperkuat lagi dengan garam logam seperti tawas (K (SO4)2), kapur (Ca (OH)2) dan tunjung (FeSO4). Selain memperkuat ikatan, garam logam juga berfungsi untuk mengubah arah warna ZWA, sesuai jenis garam logam yang mengikatnya.

Pada kebanyakan warna alam, tawas akan memberikan arah warna yang sesuai dengan warna aslinya, sedangkan tunjung akan memberikan arah warna lebih gelap/tua.

Pada pewarnaan dengan indigo, fiksasi yang digunakan ialah dengan larutan air cuka 0,5 ml/l dengan ditambahkan 1 buah jeruk nipis/ 20 l.

Harga Jual Pasta Indigofera :
*) Pembelian 1-30 Kg. Rp. 65.000;/Kg.
*) Pembelian 30-50 Kg. Rp. 60.000;/Kg.
*) Pembelian 50 Kg-Keatas Rp. 55.000;/Kg


Harga di Atas Belum Termasuk Ongkos Kirim. Pengiriman menggunakan Jasa Expedisi LTH,Cobra,Tiki,POS,dll dengan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli.

CARA ORDER / PEMBELIAN :
Pembelian bisa Datang Langsung atau melalui Telpon, SMS, E-mail.
Tata Cara Pembelian :
1. Sebaiknya jika anda mau membeli Pasta Indigofera atau zat warna alam lainnya, sebaiknya anda melakukan pemberitahuan terlebih dahulu.
2. Pembayaran bisa Via transfer ke rekenig BCA-Muntilan N0. 1040011842  a/n. Eko Budi Sulistiyo  atau Cash.
3. Barang dikirim setelah transfer anda kami cek benar-benar masuk pada rekening kami.
4. Jika barang Off Stock kami mohon waktu 1-2 minggu dan kami akan memberitahukan sebelumnya kepada anda.
5. Jika Barang Rady Stock maka barang kami kirim langsung ke alamat anda.
6. Jika Transfer masuk di atas jam 12.00 WIB. maka barang akan kami kirim besok. tetapi jika transfer masuk sudah dari jam 8.00 WIB maka barang akan kami langsung kirim ke alamat anda.
7. Pengiriman menggunakan Jasa Expedisi silahkan anda pilih Jasa Pengiriman termudah dan teraman menurut anda. Jasa Pengiriman yang sudah kerja sama dengan kami (Paket Post, ElTeHa, TIKI, Rama Travel)

Pemesanan Silahkan Hubungi :
Eko BS : ( 085 626 64389 )

Rabu, 19 Januari 2011

Dukungan dari Dinas Koperasi - Prov.Jateng.






























Semangat Kami untuk berkarya dan menghasilkan Hand Made yang terbaik kembali terbakar ,
Begitu besar Perhatian dari Dinas Koperasi Provensi Jawa Tengah maupun dari Dinas Koperasi Kabupaten Semarang dan beberapa rekan dari DPRD serta Pengurus UMKM Kab.Semarang, Yang telah bersedia mengunjungi Kami Rumah Produksi Batik Canting100-Bedono,Jambu kemarin hari Selasa,18 January 2011.

Kami hanya bisa Berkarya dan Berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa melalui karya kami Batik Tulis dengan Pewarna Alam yang 100% Hand Made dari Para Ibu-ibu Batik Canting100.

Dengan mencintai penggunaan batik tulis yang menggunakan bahan pewarna alami dan kain Primishima yang diwarnai dengan bahan pewarna alami, kita turut berpartisipasi melestarikan warisan seni budaya bangsa dan keanekaragaman hayati.

Mari kita hargai produk hasil kiprah anak negeri dalam melestarikan dan mengembangkan batik tulis dengan pewarna Alam, dengan kesediaan kita menghargai sebagaimana kita menghargai barang-barang bermerek internasional.

Semangat Batik selalu Kita Kumandangkan agar Warisan Budaya ini tidak Pudar.

Masih terbuka lebar Peluang Kerja sama Perluasan Market secara Sinergi dengan Kami untuk Anda dimanapun berada. Kami tunggu kontak Anda di +856 2664 389 atau via e-mail : ekko_bs@yahoo.co.id